Melalui Pengabdian, Polimdo Bantu Kembangkan BUMDes Mapalus Watutumou III

Sumikolah17 Dilihat

MANADO, SULUTBICARA.com

Dosen-dosen Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Manado (Polimdo) mengimplementasikan Dharma Pengabdian kepada Masyarakat di Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mapalus Desa Watutumou III, Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara (Minut) pada tanggal 12-14 Desember 2022.

Menurut Ketua Tim, Jerry Sonny Lintong SE MAP CRA CRP, kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kapasitas SDM pengelola BUMDes agar dapat menyajikan Laporan Keuangan entitas secara comprehensive, untuk dipresentasikan kepada stakeholders yaitu pemerintah desa dan masyarakat Desa Watutumou III.

“Adapun laporan yang di susun bersama yaitu Neraca, Laporan Rugi Laba, Laporan Perubahan Modal, Laporan Arus Kas, dan Catatan atas Laporan Keuangan yang merupakan laporan yang tidak dapat dipisahkan dengan laporan keuangan secara keseluruhan,” jelas Sekretaris Jurusan Akuntansi ini, Selasa (31/01/2023).

Dikatakanya, kegiatan tersebut dilaksanakan di Kantor Desa, yang dihadiri oleh pengurus BUMDes yaitu Febry Loho SE sebagai Sekretaris dan Asty Makarewa sebagai Bendahara BUMDes.

“Harapan kami dari dosen akuntansi dengan adanya pendampingan ini, pada tahun-tahun berikutnya pengurus BUMDes dapat menyajikan laporan keuangan yang akurat dan tepat waktu,” tukasnya.

Pengurus BUMDes Febry Loho SE dan Asty Makarewa usai kegiatan menyampaikan terima kasih kepada Polimdo yang memilih BUMDes Mapalus sebagai sasaran pengabdian. “Sangat berharap kegiatan ini boleh lagi dilaksanakan pada tahun-tahun mendatang. Terima kasih Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Manado,” ucap mereka.

Adapun dosen sebagai narasumber pada kegiatan ini yaitu Fanesa Isalia Minanda Syaefudin SE MAcc, Belthasar Trito Siahaan SE MSi, Wenny Anggeresia Ginting SE MSi dan mahasiswa semester akhir Chirly Ovanda Sweetly Tinungki dengan NIM 19043143.

(sbc)

Komentar