SAH! Menteri Agama Lantik Olivia Wuwung jadi Rektor IAKN Manado

Headline, Sumikolah2147 Dilihat

JAKARTA – Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas melantik Olivia Cherly Wuwung sebagai Rektor Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado periode 2023-2027 di Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Jumat, (16/06/2023).

Prosesi pelantikan, pengambilan sumpah janji jabatan dan penandatanganan berita acara Wuwung dan 5 Rektor PTKN lainnya.

Turut menjadi saksi Sekretaris Jenderal Nizar, Dirjen Bimas Kristen Jeane Tulung serta Direktur Jenderal Pendidikan Islam Ali Ramdani.

Dalam arahannya, Menag meminta PTKN untuk bersiap menyongsong Indonesia Emas 2045 yang menjadi tema Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045.

“Agenda besar RPJPN 2025-2045 adalah juga pekerjaan rumah PTKN. Di berbagai belahan dunia, perguruan tinggi adaah tolak ukur kemajuan sebuah bangsa,” kata Menag.

Menurutnya, trasformasi PTKN menuju Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH), menurut Menag, menjadi agenda yang harus dilakukan dalam rangka mewujudkan hal tersebut. Menag juga mengingatkan, PTN BH selain amanat UU, juga menjadi keniscayaan menghadapi percaturan global yang semakin dinamis.

”PTKN jelas menjadi tumpuan dalam RPJPN 2025-2045. Bukan hanya menyiapkan SDM yang profesional dan siap kerja, namun juga memiliki wawasan kebangsaaan yang moderat,” tambahnya.

(bil/*)

Komentar