Bantu Masyarakat, Polimdo Buat Sistem Kontrol Daya Listrik Berbasis IoT  

Sumikolah1335 Dilihat

MANADO – Teknologi Internet of Things (IoT) yang berkembang pesat saat ini mempermudah aktivitas manusia dalam melakukan proses pengendalian dan pemantauan suatu perangkat.

Teknologi inilah yang melandasi dosen Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Manado (Polimdo) yang mengimplementasikan IoT untuk memonitoring beban penggunaan daya listrik dan pengendalian perangkat elektronik di rumah tangga.

Dijelaskan Tim Pengabdian yang terdiri dari Donald Noya , Sukandar Sawidin, Sonny Kasenda, Leony A. Wenno dan Ventje Lumentut menjelaskan bahwa listrik dalam kehidupan sehari-hari merupakan salah satu kebutuhan primer bagi masyarakat baik dalam bidang industri maupun rumah tangga.

“Banyaknya masyarakat menggunakan listrik yang tidak sesuai kebutuhan dan kurang memperhatikan besar kecilnya daya peralatan listrik yang digunakan sehingga mengakibatkan pemakaian listrik yang tidak terkendali,” terang mereka, Jumat (28/07/2023).

Untuk mengatasi hal tersebut, maka akan dirancang suatu sistem monitoring yang dapat menghitung daya pemakaian listrik, sehingga pengguna dapat mengetahui berapa biaya listrik yang terpakai.

“Proses monitoring akan dilakukan menggunakan sistem IoT. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat alat monitoring listrik menggunakan modul PZEM-004T untuk mengukur Tegangan, Arus, Daya dan Energi yang terpakai dengan kontrol NodeMCU ESP8266,” kata mereka.

Menurut mereka, penelitian ini menggunakan sensor arus dan tegangan yang berfungsi untuk mendeteksi daya pemakaian listrik yang akan diproses oleh NodeMCU ESP8266 dan hasil proses tersebut dikirimkan ke IoT berupa data pemakaian listrik pada aplikasi telegram android.

“Pemakai dapat mengetahui biaya listrik yang digunakan dan apabila ada pemakaian listrik yang berlebihan melalui notifikasi yang dikirim di telegram serta adanya alarm peringatan,” paparnya.

(sbc)

Komentar