Polimdo Kembali Ukir Sejarah, 12 Mahasiswa Lolos IISMA 2024

Sumikolah8186 Dilihat

MANADO – Prestasi gemilang kembali dicatat oleh mahasiswa Politeknik Negeri Manado (Polimdo). Sebanyak 12 mahasiswa Polimdo berhasil lolos seleksi Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2024.

Mahasiswa tersebut akan mengikuti perkuliahan selama satu semester di Kanada, Perancis, Polandia, Australia, United Kingdom, dan Korea Selatan.

IISMA adalah adalah skema beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia untuk membiayai pelajar Indonesia dalam program mobilitas satu semester di universitas terkemuka di luar negeri. Beasiswa ini menawarkan dua skema untuk mahasiswa sarjana dan vokasi.

“Setelah melalui serangkaian proses mulai dari persiapan, bootcamp, dan beberapa tahap seleksi, akhirnya 12 mahasiswa ini dinyatakan lolos,” ucap Direktur Polimdo, Dra Mareyke Alelo MBA, Sabtu (23/03/2024).

Dia juga mengucapkan apresiasi atas capaian mahasiswa Polimdo yang berhasil lolos dalam program IISMA tahun ini.

“Mewakili civitas Polimdo mengucapkan selamat atas capaian yang diraih oleh 12 mahasiswa yang berhasil lolos pada program IISMA tahun 2024. Manfaatkan waktu selama satu semester di luar negeri untuk bisa menambah pengetahuan dan wawasan. Saya berharap nantinya kalian dapat membagikan ilmu-ilmu yang didapat selama kegiatan kepada para teman-teman di kampus, sehingga dapat menumbuhkan minat untuk mengikuti program ini pada tahun depan,” ujarnya.

Alelo juga berpesan kepada para mahasiswa yang lolos pada program IISMA tahun 2024 ini agar senantiasa menjaga nama baik almamater.

“Kalian adalah duta Polimdo di negara asing, senantiasa belajar dan bekerja keras agar dapat mengikuti program tersebut berjalan dengan baik. Selain belajar ilmu pengetahuan, kalian juga bisa belajar bagaimana kebudayaan di sana. Kalian juga bisa melihat dan mempelajari bagaimana budaya kerja di negara-negara maju sehingga hal-hal yang baik bisa dibawa pulang untuk meningkatkan kinerja institusi dan individu,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan, Selvy Kalele SE MSi mengatakan, untuk mendukung kegiatan ini, Polimdo memberikan program latihan rutin kepada para mahasiswa yang akan mengikuti seleksi.

“Kami dibantu beberapa pihak dosen dan awardee IISMA PCR tahun 2022 dan 2023, seperti Koordinator PCR Dr Mita Takarendengan SS MTourism yang memberikan program latihan kepada para peserta. Mulai dari pembuatan essay dan teknik wawancara. Selain itu, PCR juga memberikan mereka program uji kompetensi bahasa Inggris Duolingo yang menjadi syarat utama mereka untuk mendaftar pada program ini yang pembiayaannya ditanggung oleh PCR,” terangnya.

“Tentu ini semua tidak lepas dari dukungan Ibu Direktur yang terus memberikan arahan serta kiat-kiat agar 12 mahasiswa ini bole lolos IISMA 2024. Dan ini meningkat dari tahun ke tahun,” tambahnya.

Berikut merupakan 12 mahasiswa Polimdo yang lolos untuk mengikuti IISMA 2024 diantaranya adalah Fify Mustika Wondal dan Michel Palar mahasiswa Jurusan Teknik Elektro serta Archelia Dalisang mahasiswa Jurusan Akuntansi diterima di UITM Rzeszow, Polandia.

Hana Yefita Pomantouw, Kristania Maniking  dan Chelita Rombon mahasiswa Jurusan Pariwisata diterima di Canberra Institute Of Technology, Australia.

Surya Adjie Umar Tenda mahasiswa Jurusan Teknik Elektro diterima di Hanyang University, Korea Selatan. Mayfianne Tombokan diterima di Universite Polytechnique Hauts de France, Perancis.

Immanuella Rambing mahasiswa Jurusan Pariwisata diterima di Ecola des Art Culinaires Lenotre, Perancis. Gita Bonita Tamudia mahasisswa Jurusan Akuntansi diterima di Cardiff and Vale College, Inggris. Jonah Mekel mahasiswa Jurusan Teknik Mesin diterima di Conventry University, Inggris dan Excellsdeo Ndahawali mahasiswa Jurusan Teknik Mesin diterima di University of Nottingham, Inggris.

(bil)

Komentar