Kirim Nakes ke Tagulandang, RSUP Kandou Bantu Korban Erupsi Gunung Ruang

Daerah710 Dilihat

MANADO – RSUP Kandou menerjunkan tim kesehatan dan tim pendukung untuk membantu warga terdampak Erupsi Ruang Tagulandang. Tim telah diberangkatkan pada Senin (22/04/2024) dan direncanakan sampai 4 hari ke depan berada di Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro.

Direktur Utama RS R.D Kandou Manado, Dr.dr Ivonne Elisabeth Rotty,M.Kes, melalui Manager Tim Kerja Pelayanan Medik, dr Wiyono.mengatakan sebelum diterjunkan ke lapangan, tim melakukan Rapid Health Assessment untuk mengindentifikasi apa saja yang dibutuhkan oleh warga terdampak letusan Gunung Ruang.

“RSUP Kandou mengirim 12 tenaga kesehatan yang terdiri dari dari 4 dokter residen bedah, dua dokter umum 4 perawat dan seorang apoteker,” ujar dr Wiyono, (Jumat 19/04/2024).

Menurutnya, saat tiba dilokasi para nakes akan bergabung dengan tim untuk melakukan pelayanan pada korban (pasien),pencarian korban, penanganan korban dan melakukan pemilahan pasien.

“Untuk pasien yang tidak bisa ditangani di tempat, maka harus di rujuk ke rumah sakit tipe A, tipe B atau tipe C dan melakukan koordinasi dengan rumah sakit yang akan di rujuk. Kami akan melihat perkembangan apabila masih status tanggap darurat mereka akan ditarik dan kami akan kirim tim lain,” pungkasnya.

(sbc)

Komentar