oleh

Saat Pandemi, Peluang Lulusan Vokasi Terbuka Lebar di Industri

JAKARTA, SULUTBICARA.com – Pandemi covid-19 yang tengah terjadi di Indonesia dan seluruh dunia harus dimanfaatkan agar menjadi berkah bagi kemajuan pendidikan vokasi. Sebab akan banyak kebutuhan tenaga kerja siap pakai di industri saat pandemi berlangsung.

“Di saat pandemi ini sebenarnya saatnya lulusan vokasi lebih bisa bergerilya di Industri. Karena lulusannya akan lebih cepat dibutuhkan untuk memutar roda industri di tengah kesulitan ini,” kata Guru Besar Institut Teknologi Bandung (ITB), Iwan Pranoto, Sabtu 11 Juli 2020.

Menurutnya dalam kondisi ini, lulusan pendidikan umum akan kalah lincah dari jebolan pendidikan vokasi saat pandemi. Misalnya saat industri membutuhkan tenaga kerja di bidang baru.

“Misalnya drone pilot. Ini kan satu kecakapan baru, pendidikan umum tidak memilliki itu. Inilah peluang vokasi,” ujar Iwan.

Kesadaran keterserapan yang tinggi ini juga harus disadari orang tua. Agar peminat sekolah vokasi lebih baik di tahun mendatang.

Lebih lanjut, Dirjen Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto tak ingin siswa memulai pendidikan vokasi hanya karena tergiur pekerjaan atau hanya ikut-ikutan teman. Masuk Sekolah vokasi haruslah dengan passion.

“Ini kan produknya manusia. Maka harus dengan passion, jangan hanya ikut-ikutan. Karena di vokasi harus belajar dengan cinta,” kata Wikan.

(medcom.id/sbc/wmt)

Komentar