oleh

PTN Terbaik di Sulut Versi Webometrics 2020, Unsrat Pertama, IAKN Manado Paling Bawah

MANADO, SULUTBICARA.com – Lembaga pemeringkatan internasional asal Spanyol, Webometrics telah merilis peringkat universitas terbaik di seluruh dunia.

Tak terkecuali di Indonesia bahkan Sulawesi Utara (Sulut), pada pertengahan 2020 ini Webometrics mengumumkan kampus-kampus mana saja yang menduduki peringkat terbaik.

Pada 2020 ini, Universitas Sam Ratulangi menduduki peringkat teratas sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik di Sulawesi Utara menurut Webometrics Ranking of World Universities edisi Juli 2020.

Sedangkan di tingkat Asia Tenggara, Unsrat menduduki peringkat 150. Unsrat dinilai terbaik di dalam membuka akses publikasi ilmiah sehingga dapat dijangkau oleh masyarakat dunia melalui jaringan Internet.

Prestasi ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi sivitas akademika di Unsrat. Sebab, pemeringkatan ini menilai tidak kurang dari 30.000 perguruan tinggi se-dunia.

Dalam pemeringkatan ini, Webometrics menilai ada empat parameter yakni: Presence, Impact, Openness dan Excellence.

Sedangkan diperingkat kedua Universitas/Institut Negeri terbaik di Sulawesi Utata Versi Webometrics 2020 diraih Intitut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado yang berada diperingkat 489 se-Asia Tenggara, disusul Politeknik Negeri Manado (Polimdo) diperingkat 513, Universitas Negeri Manado (Unima) peringkat 762, Politeknik Negeri Nusa Utara diperingkat 2.169 dan Poltekkes Kemenkes Manado diperingkat 25.789 dunia dan yang terakhir Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado yang mendapat peringkat 3.084 se-Asia Tenggara dan peringkat 28.099 di dunia.

(sbc)

Komentar

Terkait