oleh

Dolfie Angkouw Kandidat Terkuat Gantikan Alm Meikel Maringka

MANADO, SULUTBICARA.com – Meninggalnya anggota fraksi Golkar DPRD Manado 2019-2024, Meikel Maringka belum lama ini hampir pasti digantikan Dolfie Angkouw dengan status pengganti antar waktu (PAW) di fraksi Golkar DPRD Manado Dapil 3 Sario Malalayang.

Dalam Pileg lalu, mantan Ketua KPU Manado ini bertarung bersama Alm Meikel Maringka di Dapil Sario Malalayang untuk berebut kursi DPRD Manado 2019-2024. Sayangnya, Angkouw hanya menduduki peringkat kedua di internal caleg Golkar Dapil 3 dengan perolehan 1285 suara.

Kala itu, Dolfie Angkouw gagal lolos bersama Danny Sondakh yang meraih 1206 suara, Christina Rumayar 426 suara, Johanis Tania 385 suara, Roy Lasut 194 suara, Deviyani Lamedo 26 suara dan Laura Mamenko 22 suara.

Sesuai aturan manakala ada anggota dewan meninggal dunia maka yang berhak menggantikannya di kursi legislatif dengan status PAW adalah caleg separtai dalam satu Dapil yang meraih suara terbanyak di antara yang gagal lolos saat Pileg, itu artinya Dolfie Angkouw berhak menggantikan Alm Meikel Maringka di DPRD Manado.

Sesuai dengan mekanisme PAW anggota dewan yang berhalangan tetap adalah melalui usulan parpol asalnya ke DPRD Manado, setelah itu DPRD Manado menyurati KPU Manado terkait dengan PAW karena ada anggota dewan yang berhalangan tetap.

Selanjutnya KPU Manado akan mengecek Caleg Parpol bersangkutan yang memperoleh suara terbanyak berikutnya di Dapil yang sama, KPU Manado kemudian harus melakukan verifikasi terlebih dahulu.

Sepanjang Caleg yang memperoleh suara terbanyak di bawahnya tidak berhalangan tetap seperti tidak mundur dari partai atau meninggal dunia. Maka yang bersangkutan akan di verifikasi dan ditetapkan sebagai calon PAW untuk selanjutnya diserahkan kembali ke DPRD Manado kemudian DPRD Manado menyerahkan kepada Walikota Manado untuk di ajukan ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui Gubernur Sulawesi Utara.

Dolfie Angkouw belum bersedia memberikan keterangan panjang lebar terkait kans naik ke DPRD Manado dengan status PAW untuk menggantikan Alm Meikel Maringka yang meninggal karena kecelakaan waktu lalu.

(SBC)

Komentar

Terkait