oleh

Mengenal Program SMK-D2 Fast Track di Jurusan Teknik Elektro Polimdo

MANADO, SULUTBICARA.com – Kebijakan Merdeka Belajar Episode 11 Kampus Merdeka Vokasi membuat pelajar SMK dapat secara langsung mengambil program studi jenjang Diploma 2 (D2). Program ini adalah SMK-D2 Fast Track atau jalur cepat.

Dalam program SMK-D2, para pelajar dapat langsung mendapatkan kuliah terapan selama satu semester dan magang di industri selama satu semester. Dengan itu, lulusan SMK-D2 tidak perlu lagi mengikuti pelatihan atau training di industri ketika masa awal bekerja.

Hal itulah yang dilakukan Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Manado (Polimdo) yang menjalin kerja sama dengan Industri dan SMK guna membuka jalur cepat Prodi Aplikasi Jaringan dan Teknik Otomasi Industri.

“Jadi mengurangi waktu untuk pelatihan. Karena programnya dibuat bersama dengan industri, sudah dilatih bersama dan dibikin kurikulum bersama,” kata Ketua Panitia Kerja Sama Mitra SMK dan DUDIKA dalam rangka pembukaan Program Studi D2 Fast Track Aplikasi Jaringan dan Teknik Otomasi Industri, Anthon Kimbal SH MH usai melakukan vaksinasi di Auditorium Prof. Ruddy Tenda Polimdo, Jumat (02/07/2021) pekan lalu.

Kata dia, ini juga sangat menguntungkan industri. Sebab, mereka akan langsung mendapatkan kompetensi tenaga kerja yang diinginkan.

Dengan peserta didik yang langsung ikut dalam program ini, industri tidak perlu menunggu lulusan yang siap kerja. Dipastikan bahwa mahasiswa yang masuk program memikiki skill yang baik, termasuk soft skill.

“Jadi misal butuh teknisi kalau menunggu D3 itu lama. Padahal cukup tambah semester di SMK-D2 itu cukup sudah terlatih,” imbuhnya.

Oleh karenanya, Kimbal pun berharap pihak industri melakukan kerja sama dengan SMK-D2 nantinya. Salah satunya dengan membuat kurikulum bersama. “Jadi kita masuk ke kurikulumnya di D2 itu. Intinya ini pemuasan bagi dunia kerja,” tutup dia.

(BIL)

Komentar

Terkait