Soal Penerimaan Mahasiswa Baru, Unsrat Tegaskan Tidak ada Negosiasi dan Titipan

Sumikolah903 Dilihat

MANADO, SULUTBICARA.com – Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado siap menerima sebanyak 5.200 calon Mahasiswa baru tahun akademik 2023/2024 lewat Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB).

Penerimaan kali ini agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Untuk jalur Pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) yang sementara berlangsung, diumumkan pada tanggal 28 Maret 2023.

Rektor Unsrat Prof Unsrat Prof Dr Ir Berty Sompie MEng melalui Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof Dr Ir Grevo Gerung MSc menyampaikan saat ini dalam proses memilih program studi. Tanpa tes, tapi dilihat prestasi.

“Berbeda dengan penilaian lalu secara parsial setiap mata pelajaran, sekarang rata-rata mata pelajaran yang ditempuh di SMA, plus prestasi,” katanya pada kegiatan sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru yang dihadiri para Kepsek SMA/SMA di Rektorat Unsrat, Senin (5/3/2023)

Unsrat juga melihat seberapa banyak siswa itu mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan mempunyai prestasi. “Persaingannya adalah prestasi nasional,” ungkap Gerung.

Ia mengingatkan calon mahasiswa untuk berusaha dengan benar, baik untuk Jalur Prestasi, Tertulis maupun Mandiri.

“Unsrat tidak bersedia menerima titipan-titipan, negosiasi dan lain-lain. Kami kedepankan lulus dengan prestasi dan tes tertulis berbasis komputer juga mandiri, secara benar,” terangnya.

Diketahui, Unsrat memiliki 11 Fakultas plus Pascasarjana, yakni Kedokteran, Teknik, Perikanan dan Ilmu Kelautan, Ekonomi dan Bisnis, Ilmu Budaya, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Hukum, Pertanian, Kesehatan Masyarakat, Peternakan dan Ilmu Sosial dan Politik. “Nantinya ada 8 program studi yang nantinya akan terakreditasi internasional,” jelas Gerung.

(bil)

Komentar