RSUP Kandou Edukasi Masyarakat Kombos, Ingatkan Bahaya Kanker Otak

Daerah660 Dilihat

MANADO – Instalasi Promosi Kesehatan dan Pemasaran Rumah Sakit Kandou mengadakan edukasi kesehatan kepada masyarakat dan pasien yang berada di Puskesmas Kombos Kecamatan Singkil Manado Hari ini, Rabu 27 Maret 2024.

Kepala Instalasi Promkes RS R.D Kandou Manado dr Sekplin Sekeon SpN MPH (K) bersama kepala Puskesmas Kombos dr Fransin Natalia Politon MKes bersama Tim dokter lainnya dan Staf menyambut baik kehadiran Tim Promkes RSUP Kandou Manado, sekaligus memberikan apresiasi atas kegiatan edukasi kesehatan yang digelar di Puskesmas Kombos.

Dalam kegiatan edukasi tersebut Promkes menghadirkan Narasumber dr Rizal Tumewah, SpN (K) didampingi dr. Mita dan dr Stenly membawakan materi tentang Kanker Otak.

Dipaparkan Kanker otak adalah pertumbuhan jaringan yang tidak normal dalam otak, umumnya dapat bervariasi dari lokasinya, kecepatan pertumbuhan yang dapat menimbulkan berbagai gangguan.

Gejala tersering adalah nyeri kepala yang kronik progresif (nyeri semakin bertambah seiring berjalan waktu), diikuti dengan kejang, kelemahan satu sisi tubuh, gangguan penglihatan dan pendengaran, gangguan keseimbangan, dan penurunan kesadaran.

Tumor/Kanker dapat menyebabkan berbagai komplikasi, dapat terjadi hidrosefalus (penumpukan cairan pada ruang otak), dan peningkatan tekanan intracranial.

Cara untuk mendiagnosis tumor otak dengan menggali Riwayat keluhan pasien, Riwayat kebiasaan, paparan dengan bahan radioaktif, dan Riwayat dalam keluarga.

Kemudian pemeriksaan yang dapat dilakukan antara lain penanda tumor, CT atau MRI otak, hingga pencitraan pembuluh darah otak
Tatalaksana yang bisa dilakukan untuk kanker otak, dilakukan dari yang paling non invasive ke invasive.

Pasien akan ditentukan dari jenis, lokasi, jumlah, jenis penyebaran, usia dan kondisi pasien. Pada prinsipnya akan ditentukan apakah tumor berasal langsung (primer) dari otak atau penyebaran dari organ lain.

Kemudian akan dilakukan pemeriksaan histopatologi untuk mencari jenis sel pada tumor, kemudian baru melakukan terapi terkait jenis sel tersebut, mulai dari kemoterapi, radioterapi, hingga pengangkatan tumor secara Sebagian atau menyeluruh.

Pencegahan pada kasus kanker otak hanya sebatas untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kasus, karena sebagian besar kanker timbul dapat timbul tanpa pencetus apapun.

Dihindari adalah menjauhkan dari paparan toksik seperti asap rokok, radiasi. Pada Masyarakat yang memiliki Riwayat di keluarga boleh memeriksakan diri secara dini ke dokter.

Pada pasien dengan kanker otak, angka harapan hidup bervariasi, mulai dari jenis, grade, lokasi kanker tersebut.

Semakin berat gejala yang ditimbulkan maka prognosis pasien akan semakin buruk. Namun semakin dini dideteksi, Tingkat harapan hidup pasien akan semakin baik.

Masyarakat dihimbau untuk dapat mengenali gejala-gejala awal kemungkinan suatu kanker otak, menjauhi paparan toksik, serta dapat memeriksakan diri atau keluarga ke dokter apabila timbul gejala kanker otak, dengan harapan dapat ditangani sedini mungkin.

Antusiasme Masyarakat serta pasien yang ada di puskesmas Kombos begitu besar terlihat beberapa pasien langsung memanfaatkan sesi tanya jawab bahkan berkonsultasi kepada Nara sumber terkait dengan materi tentang Kanker Otak.

Diakhir kegiatan Tim promkes terus mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap berprilaku hidup bersih dan sehat.

(sbc)

Komentar