oleh

Kabar Kuat Gubernur Sulut Bakal Jadi Menteri Jokowi, RD-FDW Berpeluang Wagub

MANADO, SULUTBICARA.com – Kabar yang ramai dibahas datang dari Sulawesi Utara (Sulut). Gubernur Sulut Olly Dondokambey dikabarkan akan menjadi penggawa kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin.

Sejumlah elit PDIP tak membantah kabar tersebut. Namun, menurut mereka, OD sebenarnya tetap berkeinginan menjadi Gubernur Sulut, tapi siap bila mendapat tugas mengabdi pada negara.

“Pak OD pasti sangat berkeinginan melanjutkan tugasnya sebagai Gubernur Sulut, membangun daerah asalnya untuk mencapai kesetaraan bersama saudara sebangsa lainnya,” ujar beberapa elit partai yang meminta nama mereka tidak diberitakan, Kamis (09/09/2021).

“Namun jika panggilan negara yang harus dijawab, maka tentu mengemban tugas negara menjadi lebih diutamakan oleh Pak OD, karena di dalamnya termasuk tugas membangun daerah asalnya Sulut,” imbuh mereka.

Sementara itu, Ketua Ketua Umum relawan Jokowi Mania (Joman) Immanuel Ebenezer, menyampaikan Presiden Joko Widodo akan melakukan perombakan kabinet atau reshuffle pada akhir September 2021 ini. Menurutnya, informasi tersebut sudah pihaknya dengar.

“Ya ini kan enggak lama lagi reshuffle nih. Ini kalau nggak akhir bulan ini (September), Oktober,” kata Immanuel dikutip Suara.com, Selasa (7/9/2021). “Iya ada info kita ini A1 lah kita nggak mungkin sebutin,” sambungnya.

RD-FDW Berpeluang Wakil Gubernur

Jika benar Olly Dondokambey masuk dalam kabinet Jokowi-Amin, maka posisinya sebagai Gubernur Sulut secara otomatis akan digantikan Steven Kandou yang saat ini menjabat Wakil Gubernur Sulut.

Menariknya, nama Robby Dondokambey (RD) dan Franky Donny Wongkar (FDW) masuk dalam bursa untuk menjadi Wakil Gubernur Sulut.

“Mereka berdua saat ini yang paling layak menjadi Wagub Sulut jika Pak OD masuk kabinet Jokowi-Amin,” tukas beberapa politisi PDIP.

Diketahui Robby Dondokambey saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati Minahasa dan Ketua PDIP Minahasa, sedangkan Franky Donny Wongkar selain menjadi orang nomor satu di Minahasa Selatan juga dipercayakan sebagai Sekretaris PDIP Sulut.

(sbc/*)

Komentar

Terkait