oleh

Harga Minyak Goreng Meroket, KTNA Minsel Gulirkan Program Kelapa Terpadu

MANADO, SULUTBICARA.com

Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) fokus melaksanakan program hilirisasi industri berbasis sumber daya alam. Langkah strategis ini untuk meningkatkan nilai tambah bahan baku dalam negeri, sekaligus juga menjadi solusi guna mendongkrak harga komoditas di wilayah setempat.

“Sebelum ada kelangkaan minyak goreng di Indonesia, kami sedang mengangkat potensi industri kelapa di Kabupaten Minsel melalui program kelapa terpadu,” kata Ketua KTNA Minsel, Deany Keintjem, Senin (21/03/2022) .

Keintjem menjelaskan menjelaskan ada tiga hal yang dilakukan untuk mengembangkan kelapa terpadu. Pertama, peremajaan kelapa dengan benih unggul disinergiskan dengan diversifikasi tanaman palawija. Kedua, pembangunan unit pengolahan kelapa terpadu untuk mengolah produk kelapa menjadi minyak kelapa, sari kelapa, VCO, sabut dan tempurung kelapa.

“Ketiga, kita berikan pelatihan keterampilan petaninya,” tambah Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Minsel ini.

Diketahui beberapa hari sejak beleid baru tata-niaga minyak goreng diberlakukan, pemandangan antrean hilang digantikan keluhan harga yang tinggi. Stok minyak goreng kemasan kini melimpah di pasar, namun dengan harga di kisaran Rp19.000 – Rp22.000 per liter.

(sbc)

Komentar