oleh

Enam Bakal Calon Rektor Unsrat Berebut 72 Suara Senat

MANADO, SULUTBICARA.com

Senat Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) melalui Ketua Senat Prof Dr Paulus Kindangen SE SU MA menetapkan 6 nama Bakal Calon Rektor Univeritas Unsrat periode 2022-2026 dalam rapat senat di ruang rapat A Gedung Rektorat Unsrat, Senin 4 April 2022.

Keenam nama tersebut ialah Prof dr Vennetia Danes MSc PhD, Prof Dr Ir Fabian Manoppo MAgr, Dr Flora Pricilia Kalalo SH MH, Ir Dedie Tooy MSi PhD, Prof Dr dr Grace Kandou MKes dan Prof Dr Ir Greve Gerung MSc. Sementara Prof Dr Ir Octavian Berty Sompie MEng tidak bisa lanjut ketahapan berikutnya karena berkas administrasinya tidak lengkap.

Selanjutnya para calon ini akan mengikuti tahapan penyaringan pada tanggal 14 – 21 April 2022, untuk penyampaian Visi, Misi dan Program Kerja, dan Penilaian serta Penetapan 3 (tiga) Calon Rektor oleh Senat Unsrat dalam rapat senat tertutup yang dapat dihadiri pejabat Kementerian yang ditunjuk oleh Menteri.

Di Unsrat sendiri ada 72 senat yang memiliki suara. Pemilik suara tersebut terdiri dari 23 orang wakil dosen bukan unsur Profesor, 26 wakil dosen unsur Profesor, Ketua LPM, Ketua LP3, Ketua LPPM, Direktur Pascasarjana, 11 orang Dekan, Warek IV, Warek III, Warek II, Warek II, Rektor, Sekretaris Senat dan Ketua Senat. Nantinya dalam pemilihan Rektor, Senat memiliki suara 65% dan Menteri memiliki suara 35%. 

Enam Figur bakal calon akan memperebutkan posisi terhormat jabatan tertinggi di Universitas Sam Ratulangi, yaitu sebagai Rektor Unsrat, yang merupakan Perguruan Tinggi terbesar di Sulawesi Utara.

1. Prof dr Vennetia Danes MSc PhD

Meski tidak familiar di Unsrat, namun mantan Deputi Perlindungan Hak Perempuan, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia ini menyatakan ingin memberikan yang terbaik untuk Unsrat.

2. Prof Dr Ir Fabian Manoppo MAgr

Dekan Fakultas Teknik yang memulai karir akademisi dari bawah ini menjadikan pengabdiannya sebagai tenaga pendidik selama puluhan tahun sebagai modal dirinya memimpin Perguruan Tinggi terbesar di Sulawesi Utara ini.

3. Dr Flora Pricilia Kalalo SH MH

Mantan Wakil Rektor II dan Dekan Fakultas Hukum ini bercita-cita akan memperbaiki pengelolaan Badan Layanan Umum (BLU), tentang penerapan remunerasi bagi tenaga pendidik (dosen) dan kependidikan (staf/pegawai administrasi) yang dinilai tidak efektif.

4. Ir Dedie Tooy MSi PhD

Meski baru terpilih sebagai Dekan Fakultas Pertanian, namun arus dukungan kepada dirinya begitu tinggi. Terbukti pada saat pembukaan Dies Natalis ke-62 Fakultas Pertanian, pimpinan Rektorat dan sejumlah Dekan menghadiri kegiatan tersebut.

5. Prof Dr dr Grace Kandou MKes

Mantan Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat ini tercatat pernah mendaftar sebagai calon Rektor Unsrat periode 2018-2022. Dia pun mengatakan semakin siap untuk mengikuti pemilihan Rektor periode 2022-2026.

6. Prof Dr Ir Grevo Gerung MSc

Wakil Rektor I Bidang Akademik ini dinilai merupakan calon yang paling dekat dengan Rektor Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat Msc PhD. Mantan Dekan Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan punya impian membesarkan perguruan tinggi almamaternya. Adik dari Pengamat Politik Rocky Gerung ini diyakini bakal mendapatkan suara pimpinan Rektorat dan sejumlah Senat.

(bil/*)

Komentar

Terkait