oleh

Terapkan Skema VSGA, Jurusan Teknik Elektro Polimdo Kembali Jadi Pelaksana Digital Talent Scholarship 2022

MANADO, SULUTBICARA.com

Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Manado (Polimdo) kembali menjadi partner Kominfo untuk Digital Talent Scholarship – Vocational School Graduate Academy (VSGA) pada tahun ini.

VSGA merupakan program pelatihan dan sertifikasi berbasis kompetensi nasional atau SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) kegiatan ini ditujukan bagi Angkatan Kerja Muda lulusan SMK/sederajat serta Diploma 3 dan 4 yang belum bekerja dan memiliki latar belakang pendidikan sesuai dengan skema pelatihan yang dipilih.

Terdiri dari 2 metode yang dilaksanakan Program VSGA, yakni Pelatihan dan Sertifikasi. Pertahun 2019 Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Manado telah mendapatkan kepercayaan dari Kominfo sebagai penyelenggara program DTS-VSGA.

Pada kesempatan kali ini ditahun 2022, Polimdo melaksanakan program DTS-VSGA untuk 3 skema kompetensi yaitu Junior Network Administrator yang dibagi menjadi 2 kelas dengan 59 peserta, Junior Web Developer yang dibagi menjadi 3 kelas dengan 82 peserta dan Junior Mobile Programmer 1 kelas dengan 30 peserta yang berasal dari Sulawesi Utara, Jawa Timur, Sulawesi Tengah, Gorontalo dan lain-lain.

Tanggal 18 Juli – 29 Agustus 2022 Digital Talent Scholarship – Vicational School Grafuate Academy dilakukan secara daring, total sebanyak 171 peserta mengikuti kegiatan ini, sebagai bentuk pelatihan untuk mendapatkan sertifikat kompetensi sesuai dengan kategori bidang keahlian.

“Tim pengajar/instruktur adalah para tenaga pendidik Jurusan Teknik Elektro Polimdo yang berkompeten di bidang yang relevan dengan skema pelatihan Training of Trainer (ToT) yang diberikan oleh Kominfo,” ungkap Ketua Jurusan Teknik Elektro Polimdo, Olga Melo SST MT, Senin (27/07/2022).

Dia menjelaskan bahwa kegiatan DTS VSGA ini merupakan implementasi dari Nota Kesepahaman antara Polimdo dan Kominfo yang merupakan kesinambungan dari kegiatan tahun-tahun sebelumnya.

“Kegiatan ini akan meningkatkan kompetensi lulusan Pendidikan Vokasi yang akan berdampak dalam upaya pengurangan angka pengangguran serta mampu memenuhi kebutuhan tenaga terampil di bidang teknologi di Indonesia,” terangnya

Adapun kegiatan tersebut dibuka langsung Direktur Polimdo Dra Mareyke Alelo MBA dan dihadiri Kominfo RI yang diwakili Sub Koordinator SDM BPSDMP Kominfo Manado Marthen Rondonuwu SSos.

(sbc)

Komentar