PLN UID Suluttenggo Bersama Stakeholder Tanam Bibit Mangrove Secara Nasional

Uncategorized1542 Dilihat

MANADO, SULUTBICARA.com – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo mendukung pelestarian alam melalui kegiatan Penanaman Bibit Mangrove Nasional secara serentak yang diselenggarakan oleh Tentara Nasional Indonesia di seluruh wilayah Indonesia, Senin (15/05/2023).

Kegiatan penanaman bibit mangrove ini berlokasi di Kampung Bahari Nusantara Wisata Mangrove, Desa Palaes, Likupang Barat, Kabupaten Minahasa Utara. Hadir dalam acara ini General Manager PLN Unit Induk Distribusi Suluttenggo, Ari Dartomo beserta jajaran.

Dalam kolaborasi antar Stakeholder, turut hadir beberapa Forkompimda Sulawesi Utara seperti Kapolda Sulut, Irjen Setyo Budiyanto, Danlantamal VIII Manado, Laksamana Pertama TNI Nouldy Tangka, Danrem 131/Santiago, Brigjen TNI Wakhyono, Kabinda Sulut, Brigjen TNI Raymond Marojahan.

Dukungan yang diberikan PLN ini merupakan bagian dari program tanggungjawab sosial lingkungan yang telah ditetapkan yaitu penanaman 200 juta bibit mangrove tersebar dibeberapa wilayah.

General Manager PLN UID Suluttenggo, Ari Dartomo menyampaikan bahwa penanaman mangrove ini merupakan upaya yang dilakukan PLN bekerjasama dengan Stakeholder dalam normalisasi kawasan mangrove di Desa Palaes.

Hal ini juga sebagai bagian dari komitmen menjaga keseimbangan antara kegiatan mata pencaharian masyarakat Desa Palaes yang mayoritas sebagai nelayan dengan kelestarian lingkungan alam sekitar.

“Kegiatan usaha dan alam perlu saling bersinergi agar memberi manfaat yang lebih besar, tidak hanya ekonomi tapi bagaimana lingkungan bisa melindungi aktivitas agar terhindar dari potensi abrasi yang bisa mengikis kualitas daratan di Desa Palaes,” ungkap Dartomo.

Lebih lanjut Dartomo menjelaskan bantuan penanaman mangrove ini tidak hanya sebagai upaya pelestarian lingkungan, namun juga dapat membuka lapangan kerja serta memperkenalkan kawasan ini sebagai destinasi pariwisata unggulan di Sulawesi Utara.

“Mangrove yang telah ditanam ini akan dikelola oleh masyarakat sekitar. Disisi lain, agar supaya lokasi mangrove ini dapat memiliki ketertarikan bagi masyarakat umum untuk berkunjung dan menikmati keindahan kawasan mangrove Desa Palaes, maka harapan kami bibit mangrove yang ditanam ini dapat dirawat agar tetap lestari,” terang Dartomo.

“Kedepannya PLN akan melanjutkan program pembinaan UMKM yang ada di Desa Palaes yang akan berdampak juga pada perkembangan potensi wisata demi meingkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar,” tambahnya.

Hukum Tua Desa Palaes mengungkapkan rasa terima kasih atas perhatian yang diberikan oleh PLN “Mewakili seluruh masyarakat Desa Palaes ingin berterima kasih kepada PLN atas dukungan yang telah diberikan, hal ini juga tidak lepas dari kolaborasi bersama Lantamal VIII Manado,” ungkapnya.

(sbc)

Komentar