Bersama Media, Bawaslu Sulut Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif

Daerah, Legislatif1195 Dilihat

MANADO – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggelar kegiatan dengan tema “Sosialiasi Pengawasan Pertisipatif Bersama Media Dalam Rangka Pengawasan Tahapan Pemilu Tahub 2024 di Provinsi Sulawesi Utara” di The Centra Hotel Manado, Kamis, 19 Oktober 2023.

Anggota Bawaslu Sulut, Steffen Stevanus Linu SS MAP menyampaikan sosialisasi ini dilaksanakan bersama dengan media yang merupakan bagian dari pilar demokrasi.

“Kami membutuhkan saran dari media untuk mengkritik, agar supaya dapat mencerahkan, mencerdaskan serta mendidik publik. Maka peran aktif media sangat penting bagi Bawaslu karena dapat menjadi corong informasi yang langsung diterima oleh publik,” ujar Koordinator Divisi Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Humas ini.

Ditambahkan Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Data dan Informasi Bawaslu Sulut, Zulkifli Densi SPd MH mengajak media agar memproduksi berita terkait dengan Pemilu yang mengedepankan fungsi informatif dan edukatif.

“Tentunya tanpa bantuan media, maka Bawaslu akan kesulitan untuk memberikan informasi kepada masyarakat,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Sulut, Dr Ardiles Mario Revelino Mewoh SIP MSi menuturkan, kegiatan pengawasan pemilu partisipatif merupakan agenda besar Bawaslu dalam menyongsong pemilu tahun 2024.

“Keterlibatan media secara umum dalam proses pengawasan pemilu merupakan perintah undang-undang. Kami menyadari suksenya pemilu tidak terlepas dari keterlibatan semua pihak, bukan hanya Bawaslu saja melainkan media juga dituntut memberikan informasi yang benar untuk menjaga sistem demokrasi ini,” jelasnya.

“Bawaslu diminta menyebarkan informasi yang cepat. Untuk itu, kami mohon dukungan berupa saran dan masukan agar kinerja Bawaslu bisa lebih baik dalam menjalankan tugas,” tambahnya.

Adapun dalam kegiatan tersebut turut menghadirkan Akademisi Unsrat, Dr Jericho Pombengi SSos MSi dan Tenaga Ahli Bawaslu RI, Fentje Bawengan melalui media zoom.

Turut hadir dalam kegiatan antara lain Kapala Bagian Pengawasan dan Hubungan Masyarakat, Anggray Mokoginta SP MAP, Kepala Bagian Administrasi Greity Tuturoong SSos MAP dan Kepala Bagian Penanganan, Pelanggaran, Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu dan Hukum.

(bil)

Komentar