RSUP Kandou Dukung Akreditasi Pendidikan Spesialis Anestesiologi FK Unsrat

Daerah1369 Dilihat

MANADO – RSUP Kandou Manado sebagai rumah sakit pendidikan utama bagi Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado terus memberikan dukungan penuh bagi peningkatan kualitas pendidikan dokter spesialis.

Hal ini disampaikan oleh Plh Direktur Utama (Dirut) RSUP Kandou, dr Bradley J Waleleng SpPD KGEH FINASIM, saat membuka kegiatan Akreditasi Kolegium Program Studi Anestesiologi dan Terapi Intensif (Prodi ATI) FK Unsrat, di Aula RSUP Prof Kandou, Senin (8/1/2024).

Dokter Waleleng menekankan peran RSUP Kandou dan FK Unsrat sejak pengusulan Prodi ATI FK Unsrat pada 2004 hingga berdirinya pada 30 Juni 2021.

Proses percepatan sejak 2017 telah melibatkan upaya perluasan fasilitas, termasuk 16 kamar operasi dan 34 tempat tidur ICU dalam lima tahun terakhir.

“Pengembangan fasilitas tidak hanya fisik, melainkan juga penyediaan peralatan medis canggih, seperti ultrasonografi, alat monitoring hemodinamik, dan C-Arm,” kata plh Dirut dr Waleleng.

Semua ini, kata dia, juga untuk mendukung status RSUP Kandou sebagai rumah sakit rujukan tertinggi di wilayah timur Indonesia bagian utara.

Waleleng memberikan apresiasi kepada staf Anestesiologi dan Terapi Intensif yang berperan nyata dalam pencapaian RSUP Kandou, di antranya operasi kembar siam, transplantasi ginjal, bedah jantung terbuka, bedah saraf, dan program pengampuan layanan.

Sementara kegiatan Akreditasi Prodi ATI FK Unsrat yang berlangsung 7-9 Januari 2024, merupakan penilaian penting untuk pendidikan spesialis Anestesiologi dan Terapi Intensif Indonesia.

Adapun kegiatan ini dihadiri langsung Ketua Kolegium Anestesiologi dan Terapi Intensif Indonesia, Dr dr Sudadi SpAn-Ti Subsp N An(K) Subsp An R(K), dan Sekretaris Jenderal KATI, Dr dr Widya Istanto Nurcahyo SpAn-TI Subsp An Kv(K) Subp An R(K).

Dari pihak Unsrat, hadir Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof Dr Ir Grevo S Gerung MSc, Wakil Rektor II Administrasi Umum dan Keuangan, Prof Dr Ronny Adrie Maramis SH MH, beserta Dekan FK, Prof Dr dr Nova Kapantouw DAN MSc SpGK, dan lainnya.

(sbc)

Komentar