oleh

Paslon Lain Cuek Protokol Covid-19, Roso-Harum Paling Patuh

AMURANG, SULUTBICARA.com – Pasangan dari jalur independen, Royke Sondakh dan Andry Haris Umboh (Roso-Harum) menjadi satu-satunya pasangan paling taat dalam pencegahan pandemi Covid-19. Hal ini terlihat dari tindakan Roso-Harum yang memilih kampanye dari rumah ke rumah daripada mengumpulkan massa disatu tempat.

“Para calon kepala daerah harus bisa menunjukkan kualitasnya dalam mengendalikan masyarakat untuk menaati protokol kesehatan. Jika kita menaati protokol kesehatan, tentu menjadi modal awal untuk kita memenangkan Pilkada Minsel,” papar pasangan dengan nomor urut 2 ini, Senin (05/10/2020).

Roso-Harum pun berpesan kepada para relawan dan simpatisannya. Kedepan, ada beberapa kegiatan tahapan yang melibatkan banyak orang. “Kampanye atau tatap muka dengan pendukung Serta debat kandidat. Momen ini mari kita tetap terapkan protokol standar kesehatan pencegahan Covid-19,” pinta pasangan yang dikenal dekat dengan rakyat.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, meminta seluruh peserta pilkada untuk menerapkan protokol kesehatan. Tito menyebutkan, pihaknya sudah menegur kepala daerah petahana yang melakukan pelanggaran protokol kesehatan dengan pengumpulan massa.

Sementara itu, Ketua Bawaslu RI Abhan menyebutkan, para calon kepala daerah yang melanggar protokol kesehatan saat kampanye bisa dikenakan pidana. Namun, tambahnya, untuk menerapkan hukuman tersebut, pihaknya terlebih dulu memberi peringatan terhadap para calon yang melanggar.

“Setidaknya ada 4 pasal dalam peraturan perundang-undangan yang bisa digunakan untuk menindak pelanggar protokol kesehatan di Pilkada seperti beberapa pasal di KUHP dan UU Karantina Kesehatan,” ujarnya.

Ditegaskan, arak-arakan yang dilakukan saat pendaftaran calon bisa dijadikan temuan yang akan ditindaklanjuti sebagai pelanggaran protokol kesehatan. Namun dugaan pelanggaran tersebut nantinya bukan menjadi ranah Bawaslu, melainkan pihak kepolisian.

(jnp)

Komentar

Terkait