oleh

Berhasil Gagalkan Pelantikan Olga Melo, Debby Wilar Diyakini Bakal Dijadikan Direktur Polimdo Oleh Kemendikbud

MANADO, SULUTBICARA.com – Keputusan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang menganulir kemenangan Olga Melo sebagai Direktur Politeknik Negeri Manado (Polimdo) pasca gelombang protes yang dilakukan Mariska Walean Cs diyakini bakal memudahkan Debby Wilar untuk menjadi Direktur Polimdo yang baru.

Sejumlah civitas Polimdo pun meyakini bahwa Pemilihan Ulang Direktur Polimdo 2020 telah berakhir setelah Debby Wilar kembali mendaftar sebagai Calon Direktur Polimdo 2020.

“Dari tiga besar yang bersaing waktu lalu, kali ini hanya menyisahkan Prof Debby yang kembali mendaftarkan diri sebagai Calon Direktur Polimdo. Bisa dipastikan, Kemendikbud bakal dengan mudah memilih Prof Debby sebagai Direktur Polimdo yang baru. Sekelas Kemendikbud saja bisa diintervensi apalagi hanya Plt Direktur,” ungkap sejumlah dosen yang meminta nama mereka tidak diberitakan, Rabu (11/10/2020).

Mereka pun merasa heran dengan tindakan Debby Wilar saat kalah bersaing dengan Olga Melo pada Pemilihan Direktur Polimdo waktu lalu. Menurut mereka, pembongkaran suara Menteri oleh Debby Wilar yang membawa pihak luar merupakan tindak melanggar hukum yang tidak diproses baik Kemendikbud, Senat maupun Panitia Pemilihan.

“Suara Menteri saja dibongkar menggunakan pihak di luar Polimdo guna mencari tahu hasil suara yang diberikan Menteri dan Senat. Anehnya, tidak ada tindakan kepada yang bersangkutan. Kita tahu bersama bahwa hasil tersebut merupakan rahasia negara,” terang mereka.

Diketahui, saat ini tujuh pendaftar telah mengembalikan berkas pendaftaran guna bersaing di Pemilihan Ulang Direktur Polimdo 2020. Tiga besar pada pemilihan lalu praktis hanya menyisakan Debby Wilar, sedangkan Olga Melo dan Daisy Sundah memilih tak mengikuti pemilihan tersebut.

Adapun ketujuh nama yang telah mendaftar adalah Debby Wilar, Dety Limpeleh, Efendy Rasjid, Maryke Alelo, Okta Lintong, Djibrael Djawa dan Luther Mapaddang.

Saat ini Panitia Pemilihan Ulang Direktur Polimdo 2020 sedang melaksanakan seleksi administrasi. Selanjutnya, pada tanggal 12 November 2020 akan dilaksanakan penetapan bakal calon (rapat senat tertutup) dan pengumuman

Sedangkan pada tanggal 16 November 2020, digelar penyampaian visi dan misi program kerja bakal calon (sidang senat terbuka), dilanjutkan pemilihan dan penetapan 3 calon (rapat senat tertutup) dan penyerahan dokumen hasil penyaringan kepada Kemendikbud.

Dan untuk penelusuran rekam jejak calon direktur oleh Kemendikbud serta pemilihan direktur yang dilakukan dalam rapat senat tertutup oleh senat bersama Menteri belum ditentukan tanggal pelaksanaannya.

(sbc)

Komentar