oleh

Perdana, Polimdo Terima 26 Mahasiswa Prodi Energy Terbarukan

MANADO, SULUTBICARA.com

Politeknik Negeri Manado (Polimdo) dipastikan membuka Program Studi (Prodi) baru, Energy Terbarukan mulai tahun ini. Hal tersebut disampaikan Wakil Direktur Bidang Akademik, Dr Tineke Saroinsong, SST M.Eng pada penutupan Training of Trainers (ToT) Hydro Advance di Gedung Terpadu Polimdo, Jumat (8/7/2022).

“ToT ini sebenarnya untuk mempersiapkan dosen Specialisasi D4 Energi Terbarukan yang bekerjasama dengan Renewable Energy Skills Development (RESD) Swiss,” ujar Tineke Saroinsong.

Pelaksanaan ToT Hydro Advance ini dihadiri dosen Politeknik Negeri Jakarta, Politeknik Negeri Ujung Pandang, Politeknik Negeri Bali, dan Politeknik Negeri Sriwijaya.

“Polimdo sendiri menyiapkan sebanyak enam dosen untuk mengajar pada Prodi Energi Terbarukan,” terang Saroinsong.

Selain dilatih mata kuliah Project Management and Power Plant Maintanance Engineering, dosen Polimdo juga akan mempelajari mata kuliah Solar dan Scada pada ToT di Politeknik Negeri Bali.

Untuk menunjang Prodi energy terbarukan, Polimdo nantinya akan mendapatkan peralatan fasilitas Laboratorium terkait dengan solar. “Bantuan peralatan itu dari Renewable Energy Skills Development (RESD) Swiss,” ujar Tineke Saroinsong.

“Kalau untuk Hybrid dapat bantuan dari Kementerian pendidikan dan kebudayaan,” tambahnya.

Tineke juga menjelaskan Polimdo hanya membuka satu kelas dan sudah menerima 26 mahasiswa yang terdaftar.

Karena program ini sudah mulai berjalan tahun ini. “Kami hanya terima satu kelas dulu, nanti akan berproses,” terangnya.

Menyangkut fasilitas laboratorium sudah ada. Untuk lab Hydro berada di Tatelu, dan kalau solar akan dapat bantuan dari Swiss.

(sbc)

Komentar