oleh

Terbaik Ketujuh se-Indonesia, IPM Jadi Prestasi Gemilang ODSK

MANADO, SULUTBICARA.com – Selama memimpin Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), sudah begitu banyak pencapaian positif, penghargaan, dan prestasi yang ditorehkan Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw (ODSK). Baik di level provinsi, nasional, maupun internasional.

Prestasi gemilang yang menjadi fokus perhatian publik diantaranya membawa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Sulut menjadi terbaik ketujuh nasional.

IPM atau Human Development Index (HDI) sendiri merupakan pengukuran perbandingan dari harapan

, melek huruf, pendidikan, dan standar hidup untuk semua negara di seluruh dunia.

Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS), IPM Sulut pada tahun 2019 tercatat 72,99. Dari 35 Provinsi di Indonesia, Sulut hanya berada enam strip di bawah DKI Jakarta, yang berada di peringkat pertama (80,76). Sementara posisi kedua ditempati oleh DIY Yogyakarta (84,75), Kalimantan Timur (76,61), Kepulauan Riau (75,48), Bali (75,38) dan Riau (73,12).

Menanjaknya IPM Provinsi Sulut tak terlepas dari terus menurunnya angka kemiskinan dan pengangguran.

“Angka IPM Sulut dari tahun ke tahun terus meningkat antara lain dipengaruhi oleh angka rata-rata lama sekolah yang meningkat setiap tahun. Tahun 2016 rata-rata lama sekolah 8,96 tahun, 2019 sudah mencapai 9,43 di atas rata-rata nasional yang baru mencapai 8,34 tahun. Untuk meningkatan angka IPM perlu upaya peningkatan rata-rata lama sekolah, angka harapan hidup dan pengeluaran per kapita,” ungkap Kepala Bappeda Sulut Jenny Karouw, Kamis (23/07/2020).

Deretan pencapaian positif, penghargaan, dan prestasi Pemerintahan ODSK yang mengusung Sulut Hebat mendapatkan apresiasi dari dunia pendidikan.

“Sebagai bukti upaya kerja keras pemerintah ODSK untuk membangun kualitas manusia Jabar dari aspek pendidikan, daya beli, juga kesehatan. Hal ini patut diapresiasi,” kata Kadis Dikda Sulut, Grace Punuh.

(billy lintjewas)

Komentar