oleh

Dikda Sulut Buka 4 Jalur PPDB Online 2022, Simak Jadwal dan Tahapannya!

MANADO, SULUTBICARA.com

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) melalui Dinas Pendidikan Daerah (Dikda)  membuka empat jalur dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online 2022 untuk jenjang SMA dan SMK. Empat jalur itu diantaranya jalur prestasi, afirmasi, zonasi, dan pindah tugas orang tua.

Kadis Dikda Sulut, dr Grace Punuh MKes menyebut ada penyempurnaan dalam PPDB Online tahun ini. Hal itu berdasarkan evaluasi pelaksanaan tahun lalu. Dan untuk pendaftaran akan dibuka sejak 20-27 Juni 2022.

“Tahun ini terdapat penyempurnaan yang dilakukan berdasarkan evaluasi pelaksanaan tahun lalu, yaitu pada jalur prestasi dan zonasi, yang mana tingkatan penilaian persentil pada jalur prestasi ditambahkan agar perbedaan hasil persentil dapat lebih rata,” kata Punuh usai memimpin rapat di Dikda Sulut, Selasa (13/06/2022).

Selain itu penyempurnaan juga dilakukan terkait perluasan zona prioritas dua untuk dapat mengakomodir peserta didik yang ada di sekitar sekolah. Proses proses pengajuan akun juga kimi dapat dilakukan sepanjang proses pendaftaran untuk mengurai traffic sistem.

“Dengan perbaikan-perbaikan tersebut, diharapkan proses PPDB Online 2022 akan berjalan lebih efektif, dengan tetap mengedepankan prinsip kesetaraan, sehingga sekolah-sekolah yang disubsidi oleh negara dapat memberi lebih banyak bantuan kepada mereka yang paling membutuhkan,” ungkapnya.

Berikut empat jalur yang dibuka dalam seleksi PPDB Tahun Pelajaran 2022/2023 untuk Jenjang SMA dan SMK di Sulawesi Utara:

1. Jalur prestasi: Memberikan apresiasi terhadap anak-anak yang telah menunjukkan prestasi akademik maupun prestasi non-akademik;

2. Jalur afirmasi: Memberikan kesempatan yang lebih besar bagi anak-anak dari keluarga tidak mampu untuk mengakses pendidikan bermutu yang disubsidi oleh pemerintah;

3. Jalur zonasi: Memberikan kesempatan bagi anak-anak yang berdomisili di dalam wilayah zonasi yang telah ditetapkan dengan prinsip mendekatkan domisili anak dengan lingkungan sekolah serta memperhatikan sebaran sekolah, data sebaran domisili calon peserta didik, dan kapasitas daya tampung sekolah;

4. Jalur pindah tugas orang tua dan anak guru: Memberikan kesempatan untuk anak-anak dari keluarga yang orangtuanya pindah tugas dan bagi anak guru yang ingin bersekolah ditempat orangtuanya bertugas.

Nah bagi yang ingin mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai PPDB Sulawesi Utara tahun ajaran 2022/2023 bisa akses di ppdb.sulutprov.go.id. Kalian juga bisa pantau akun media sosial PPDB Sulut 2022/2023 di Instagram @dikdasulut, fanpage Facebook Dikda Sulut, dan Twitter @dikdaaulut. Selain itu kamu juga bisa menghubungi Posko PPDB Online Dinas Pendidikan Sulut.

(sbc)

Komentar