oleh

PKM Polimdo Bantu UMKM di Sulut Bertahan di Masa Pandemi Covid-19

MANADO, SULUTBICARA.com – Masa Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak negatif yang signifikan bagi perusahaan di dunia, baik pengurangan karyawan, pemutusan hubungan kerja dengan para karyawan, bahkan sampai pada kebangkrutan dan ditutupnya usaha untuk beberapa waktu lamanya.

Hal ini disebabkan sebagian besar masyarakat telah mematuhi peraturan pemerintah untuk tidak berada pada tempat-tempat yang ramai, sehingga kebanyakan produk yang dijual dengan sistem off-line mengalami penurunan penjualan, terutama bidang Pariwisata.  

Untuk itu, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Politeknik Negeri Manado (Polimdo) melaksanakan skema Program Pengembangan Produk Unggulan Daerah(PPPUD) dengan menggandeng UMKM Lastari di Desa Kaima agar produk Cakalang Fufu Ramah Lingkungan dan Abon Cakalang tembus pasar domestik.

“UMKM Lastari yang bergerak dibidang kuliner telah memberikan bukti dengan menjadikan masa pandemi Covid-19 sebagai peluang untuk dapat menembus pasar domestik. Pada awal masa pandemi Covid-19, UMKM Lastari melakukan berbagai penyesuaian dalam kegiatan proses produksi, baik dalam pemesanan bahan baku dan distribusi produk yang dilakukan dengan menggunakan jasa on-line,” ungkap Ketua Tim Pelaksana Dr Daisy IE Sundah SE MEdM didampingi anggota Ir Leonard Tawalujan MT dan Diana Maramis SE MSi, Sabtu (14/11/2020).

Menurut mereka, dengan adanya pendampingan melalui kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat DRPM Kemenristek/BRIN Skema PPPUD, tim pelaksana bersama mitra UMKM Lastari telah melakukan terobosan dengan memperkenalkan produk Ikan Cakalang Fufu yang ramah lingkungan dan Abon Cakalang kepada masyarakat luas di Indonesia.

“Produk ikan Cakalang Fufu Ramah Lingkungan merupakan satu-satunya produksi yang dihasilkan oleh UMKM Lastari di Sulawesi Utara,” jelas mereka.

Adapun beberapa kegiatan promosi yang dilakukan dalam kegiatan pendampingan ini seperti: penjualan produk secara on-line dengan menggunakan jasa Instagram dan Facebook, dan Shopee sehingga produk UMKM Lastari dapat dikenal oleh masyarakat.

Demikian juga, Video proses produksi yang dimuat pada You-tube untuk menonjolkan kelebihan-kelebihan dari produk UMKM Lastari, memberikan free ongkir, diskon ongkir bagi Reseller, kuis-kuis, review dari para konsumen yang telah menikmati produk UMKM Lastari yang bertujuan agar dapat menarik minat konsumen,” jelas ketiganya.

Disamping itu, menurut mereka, pengenalan produk UMKM Lastari telah dilakukan melalui keikutsertaan dalam pameran yang diselenggarakan oleh JPKP (Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan) Nasional di Manado Town Square pada tanggal 15-29 Agustus 2020.

“Pada akhirnya, kualitas produk yang terjamin dengan memiliki PIRT yaitu: Ikan Cakalang Fufu Nomor PIRT: 2027106010193 (Kemasan Plastik dan Dos) dan Abon Cakalang dengan Nomor P-IRT: 5027106020194-23 (kemasan Aluminium), harga yang wajar, promosi yang memadai, dan distribusi yang lancar dan aman telah meningkatkan penjualan produk UMKM Lastari di masa Pandemi Covid-19 ini,” tutup ketiganya.

 

Keberhasilan Tim PKM Polimdo dan UMKm Lastari dibuktikan dengan jumlah paket pesanan yang telah terdistribusi/dipesan/dikirim ke berbagai daerah di Indonesia melalui jasa-jasa pengiriman yang tersedia.

(jnp)

Komentar