oleh

Titisan Raja Tahuna, Mor Dominus Bastiaan Dilantik Panglima Tertinggi Brigade Santiago

MANADO, SULUTBICARA.comBrigade Santiago Manado resmi mengukuhkan Mor Dominus Bastiaan sebagai Panglima Tertinggi dalam organisasi adat Nusa Utara tersebut di Manado, Sabtu (14/11/2020).

Dalam Pengukuhan tersebut, Para Tua-tua Adat membacakan raja-raja yang pernah memerintah Tahuna. Dan dalam pembacaan tersebut diketahui bahwa Mor Dominus Bastiaan merupakan keturunan Raja Tahuna Richard Bastian yang memerintah pada tahun 1887-1891.

Usai pengukuhan, Mor Dominus Bastiaan mengajak seluruh anggota Santiago Manado untuk menjalankan tugas yang telah diberikan saat pelantikan.

“Saya berharap kegiatan ini bukan hanya sekedar kegiatan seremoni. Kita mempunyai tugas yang besar untuk membantu. Bukan hanya warga Nusa Utara, tapi juga seluruh warga Kota Manado,” ungkap Calon Walikota Manado yang berpasangan dengan Hanny Joost Pajouw ini.

Dia pun berpesan agar seluruh anggota Santiago Manado dapat menjadi pribadi yang saling menolong seluruh masyarakat yang ada, jika mengalami musibah seperti banjir dan lain-lain.

“Tidak hanya budaya Nusa Utara. Tapi seluruh budaya yang ada di Kota Manado yang terkenal dengan daerah majemuk akan kita lestarikan agar anak cucu tidak dapat menikmatinya,” terang Calon Walikota yang didukung Partai Demokrat, PAN dan PKB ini.

Sementara itu, Panglima Santiago Manado, Daniel Aling menyampaikan bahwa dukungan yang berikan bukan untuk kepentingan politik.

“Melainkan untuk memperjuangkan kepentingan adat karena Pak Mor merupakan Panglima Tertinggi di Santiago Manado. Dan apa yang diperintah pasti akan kami laksanakan,” terangnya seraya menambahkan bahwa Santiago Manado hadir untuk kepentingan masyarakat Nusa Utara yang ada di Sulut bahkan di Indonesia.

(jnp)

Komentar

Terkait