oleh

Menebak Calon Sekda Pasca Kemenangan PDIP! Punuh Minut, AGK Manado, Liow Minsel

MANADO, SULUTBICARA.com – PDI Perjuangan (PDIP) di bawah kepemimpinan Olly Dondokambey  mendapatkan kemenangan besar pada pemilihan kepala daerah di Sulawesi Utara (Sulut). Berdasarkan hasil hitung cepat (quick count), kader yang diusung partai banteng menang di tujuh dari delapan daerah yang menggelar Pilkada serentak 2020.

Tujuh kemenangan itu diraih di Pilgub Sulut, Pilbup Bolaang Mongondow Selatan, Pilbup Minahasa Utara, Pilwalkot Kota Bitung, Pilbup Minahasa Selatan, Pilwalkot Kota Tomohon, dan Pilwalkot Kota Manado.

Pasca kemenangan tersebut membuat peluang jabatan Sekretaris Daerah/kota diisi oleh pejabat dilingkup Pemerintah Provinsi Sulut semakin besar. Sulutbicara.com coba merangkum siapa saja pejabat yang layak mengisi jabatan Sekda berdasarkan prestasi saat menjabat eselon II di bawah pemerintahan Olly Dondokambey-Steven Kandouw (ODSK).

Kabupaten Minahasa Selatan

Kemenangan Frangky Donny Wongkar-Petra Yani Rembang di Pilkada Minsel mengalahkan MEP-VT dan Roso-Harum membuat pejabat terus Pemprov Sulut yang berasal dari Minsel memiliki peluang. Nama-nama seperti Steven Liow,  Kepala Badan Kesbangpol Sulut, Ferry Sangian Staf Ahli Gubernur dan Olvie Ateng Kadis Pendapatan Daerah masuk dalam daftar Sekda Minsel.

Kota Tomohon

Di Kota Tomohon pasangan calon Carol Senduk-Wenny Lumentut berhasil menang telak dari paslon JGE-VB dan ROSE. Nama-nama seperti Jemmy Ringkuangan Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa, Jeffry Robby Korengkeng, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah, Rinny Tamuntuan Kadis Sosial dan Jemmy Kumendong Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah masuk dalam bursa calon Sekot Tomohon.

Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan

Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru dan Deddy Abdul Hamid juga unggul telak dari penantangnya Riston Mokoagow–Selviah Van Gobel. Nama-nama seperti Praseno Hadi Asisten Sekretaris Daerah, Farly Kotambunan Kasat Pol PP,Bahagia Mokoagouw Kadis Dukcapil dan Abdulah Mokoginta Karo Pembangunan masuk dalam daftar ini.

Kota Bitung

Di Kota Bitung, paslon yang diusung PDIP yakni Maurits Mantiri- Hengky Wonandar berhasil mengalahkan petahana MJL-MDT serta pasangan VG-GP yang selisih suara yang jauh. Nama-nama seperti Clay June Dondokambey Kepala Biro Umum Setdaprov, Edison Humiang Asisten I dan Roy Tumiwa Kepala Badan Pengembangan SDM masuk dalam daftar ini.

Kabupaten Minahasa Utara

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan pasangan Joune Ganda – Kevin William Lotulung memenangkan Pilkada Minahasa Utara. Pasangan JG-KW menang dari pasangan Sompie Singal-Joppi Lengkong dan Shinta Gelly Rumumpe-Netty Agnes Pantouw. Nama-nama seperti Grace Punuh Kadis Pendidikan, Edison Humiang Asisten I dan Sandra Moniaga Kadis Pangan masuk dalam daftar.

Kota Manado

Terakhir, hasil hitung cepat di Pilwako Manado, paslon Andrei Angouw- Richard Sualang yang diusung PDIP meraih 37.168 suara atau 36,2 persen. Mengalahkan tiga pesaing lainnya yang masing-masing PAHam 27,9 persen, MOR-HJP 22,1 persen, dan SSK-SS 13,8 persen. Nama-nama seperti Asiano Gammy Kawatu Asisten III, Christian Talumepa Kadis Kominfo, Clay June Dondokambey Kepala Biro Umum Setdaprov dan Mecky Onibala Inspektur Daerah masuk dalam daftar ini.

(sbc)

Komentar

Terkait