oleh

PILWAKO MANADO: AA Dapat Pasangan Baru, RS Diganti?

MANADO, SULUTBICARA.com – Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPP PDIP) memutuskan untuk menunda pengumuman rekomendasi pasangan calon walikota dan wakil walikota Manado yang akan maju di Pilkada 2020.

Dalam pengumuman nama-nama calon kepala daerah dan wakil kepala daerah Gelombang IV yang diumumkan pada Jumat (28/8/2020) lalu, praktis untuk Sulawesi Utara hanya pasangan Suhendro Boroma dan Rusdi Gumalangit di Boltim yang diumumkan Ketua DPP Bidang Politik PDIP Puan Maharani.

Disinyalir PDIP mengubah komposisi pasangan bakal calon walikota dan wakil walikota Manado di Pilkada serentak 2020. Ketua DPC PDIP Kota Manado, Richard Sualang yang sebelumnya menjadi calon kuat mendampingi Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw disinyalir dicoret dan diganti dengan figur yang lain.

“Sebelum pengumuman gelombang IV, telah dilakukan penyampaian pasangan calon oleh Ibu Ketum. Dan dalam pertemuan virtual tersebut Ibu Mega menyebut nama AA-RS untuk Pilwako Manado. Namum, dalam pengumuman belum lama ini tidak tahu mengapa calon dari Manado tidak dibacakan,” ungkap kader partai PDIP yang meminta namanya tidak diberitakan, Minggu (30/08/2020).

Perubahan komposisi kuat dugaan yang membuat pasangan PDIP di Pilwako Manado batal diumumkan. Nama-nama seperti Roland Roeroe, Abid Takalamingan dan Pdt Lucky Rumopa masuk dalam bursa papan 2 berpasangan dengan Bendahara DPD PDIP Sulut tersebut. “Kemungkinan ada perubahan pasangan,” terang sumber yang sama.

Sementara itu, Sekretaris PDI Perjuangan Sulut Franky Wongkar mengatakan bahwa pengumuman pasangan calon merupakan kewenangan DPP. “Soal jadwal mengumumkan itu ada di tangan DPP. Kemungkinan ada pertimbangan sendiri. Yang pasti, PDI Perjuangan Sulut sudah sangat siap mengikuti pilkada serentak di tujuh daerah, termasuk Manado, dan pilgub,” tutur Wongkar.

Lebih jauh kapan calon di Pilwako Manado akan diumumkan, Wongkar memastikan sebelum tanggal pendaftaran. “Kan tanggal pendaftaran 4-6 September. Pasti sebelum tanggal itu kita umumkan. Injury time,” ungkapnya.

Diketahui saat ini, banyak kalangan akar rumput PDIP menginginkan RS dapat mendampingi AA dalam Pilwako Manado. Namun, harapan tersebut nampaknya mulai memudar. Tak hanya RS, bahkan nama-nama seperti James Sumendap (Bupati Mitra) dan Royke Octavian Roring (Bupati Minahasa) ikut mewarnai Pilwako Manado, dengan diisukan menggantikan Andrei Angouw sebagai bakal calon walikota.

(sbc/*)

Komentar

Terkait