oleh

Rapor Mutu Pendidikan Sulut Tahun 2020 Alami Peningkatan

MANADO, SULUTBICARA.com – Dinas Pendidikan (Dikda) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) terus berkomitmen meningkat mutu pendidikan di Sulut. Alhasil, Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Sulut memberikan nilai baik terhadap rapor Capaian Standar Nasional Pendidikan (SNP) Provinsi Sulut.

Kepala LPMP Sulut Febry HJ Dien, melalui Widyaprada Ahli Muda Hofni Timpalen mengatakan capaian SNP untuk jenjang SD, SMP, dan SMA di Provinsi Sulut sebagian besar standar (8 standar) sudah berada pada kategori menuju SNP 4 dan Standar Sarana Prasarana masih pada kategori menuju SNP 3.

“Dengan demikian menjadi tanggungjawab bersama seluruh pemangku kepentingan bidang pendidikan yang ada di Sulut untuk memfasilitasi sekolah dalam hal pemenuhan sarana prasarana pendukung pembelajaran agar penjaminan mutu pendidikan di daerah semakin meningkat, apalagi dimasa pandemi Covid-19,” terangnya, Sabtu (29/05/2021).

Sementara itu, Kadis Dikda Sulut  Grace Punuh mengungkapkan bahwa prestasi tersebut berkat kerja keras yang dilakukan seluruh jajaran satuan pendidikan di masing-masing sekolah atau manajemen sekolah-sekolah dan Dinas Pendidikan Provinsi Sulut.

“Peringkat tersebut memang perlu kita kejar. Hal ini berkaitan dengan dukungan Pemerintah Pusat ke daerah. Puji Tuhan rapor yang dikeluarkan LPMP Sulut mengalami peningkatkan,” katanya.

Adapun rapor mutu pendidikan Sulut dibagi pada tiga jenjang diantaranya;

SD

Capaian Standar Nasional Pendidikan (SNP) Jenjang SD Provinsi Sulawesi Utara berdasarkan Rapor Mutu tahun 2020 dapat dilihat pada tabel berikut:

Berdasarkan data di atas, dapat dijelaskan bahwa hasil rapor mutu jenjang SD Provinsi Sulut pada umumnya sudah pada kategori menuju SNP 4. Dari 8 standar yang ada, 7 standar sudah pada kategori menuju SNP 4 dan hanya satu standar pada kategori menuju SNP 3 yaitu standar Sarana Prasarana. Hal ini menunjukkan bahwa secara umum mutu pendidikan jenjang SD sudah baik, dan perlu peningkatan dalam hal sarprasnya. Data rapor mutu ini dapat dijadikan dasar bagi pemerintah daerah dalam membuat kebijakan dan menyusun program penjaminan mutu pendidikan di daerah secara berkelanjutan.

SMP

Capaian Standar Nasional Pendidikan (SNP) Jenjang SMP Provinsi Sulawesi Utara berdasarkan Rapor Mutu tahun 2020 dapat dilihat pada tabel berikut:

Berdasarkan data di atas, dapat dijelaskan bahwa hasil rapor mutu jenjang SMP Provinsi Sulut pada umumnya sudah pada kategori menuju SNP 4. Dari 8 standar yang ada, 7 standar sudah pada kategori menuju SNP 4 dan hanya satu standar pada kategori menuju SNP 3 yaitu standar Sarana Prasarana. Hal ini menunjukkan bahwa secara umum mutu pendidikan jenjang SMP sudah baik, dan perlu peningkatan dalam hal sarprasnya. Data rapor mutu ini dapat dijadikan dasar bagi pemerintah daerah dalam membuat kebijakan dan menyusun program penjaminan mutu pendidikan di daerah secara berkelanjutan.

SMA

Capaian Standar Nasional Pendidikan (SNP) Jenjang SMA Provinsi Sulawesi Utara berdasarkan Rapor Mutu tahun 2020 dapat dilihat pada tabel berikut:

Berdasarkan data di atas, dapat dijelaskan bahwa hasil rapor mutu jenjang SMA Provinsi Sulut pada umumnya sudah pada kategori menuju SNP 4. Dari 8 standar yang ada, 7 standar sudah pada kategori menuju SNP 4 dan hanya satu standar pada kategori menuju SNP 3 yaitu standar Sarana Prasarana. Hal ini menunjukkan bahwa secara umum mutu pendidikan jenjang SMA sudah baik, dan perlu peningkatan dalam hal sarprasnya. Data rapor mutu ini dapat dijadikan dasar bagi pemerintah daerah dalam membuat kebijakan dan menyusun program penjaminan mutu pendidikan di daerah secara berkelanjutan.

(billy lintjewas)

Komentar