oleh

LPMP Sulut Bersama Stakholder Pendidikan Tindaklanjut Mitigasi Risiko PTM

MANADO, SULUTBICARA.comKedisiplinan dan konsistensi dalam penerapan protokol kesehatan adalah kunci penanganan Covid-19 yang efektif. Karena itu, dibutuhkan gotong-royong seluruh stakeholder dalam memastikan setiap anak Indonesia mendapatkan hak belajarnya dengan aman dan selamat.

Hal tersebut disampaikan Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Febry HJ Dien ST MInf Tech pada kegiatan rapat koordinasi Pendampingan Mitigasi Risiko Pembelajaran Tatap Muka dan Edukasi PHBS (Penguatan UKS) di Hotel Four Points by Sheraton Manado, 28-29 Mei 2021.

“Dalam rangka persiapan pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) satuan pendidikan termasuk pengantar/penjemput, wajib mengikuti protokol kesehatan. Mengingat hal ini, Satgas COVID-19 di Satuan Pendidikan dapat berkoordinasi dengan Tim Pelaksana UKS/M dalam perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi protokol kesehatan terhadap warga satuan Pendidikan,” terang Kepala LPMP Sulut.

Lebih jauh, dikatakan Kepala LPMP Sulut, Tim Pelaksana UKS/M, dapat lebih mengoptimalkan fungsi Trias UKS/M dengan terlibat aktif dalam penyelenggaraan PTM, terutama untuk meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta menciptakan lingkungan pendidikan yang sehat, sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis peserta didik.

“Peran UKS/M di masa Pandemi COVID-19 sangat signifikan, dan dapat memberikan edukasi tentang PHBS yaitu sekumpulan perilaku yang dipraktikkan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, yang menjadikan seseorang, keluarga, kelompok atau masyarakat mampu menolong dirinya sendiri (mandiri) di bidang kesehatan dan berperan aktif dalam mewujudkan kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan penandatanganan deklarasi menentang tindak kekerasan terhadap anak serta peluncuran website Forum Komunikasi Pimpinan Pendidikan Daerah (Forkopimdikda).

Turut hadir dalam rakor antara lain, Staf Ahli Gubernur Bidang Pendidikan Anne Dondokambey, Sekretaris Dinas Dikda Provinsi Sulut Vileo Dondokambey, Kadis Pendidikan di 15 kabupaten/kota, Biro Kesra Provinsi Sulut, Dinas Kesehatan Daerah, Kemenag Provinsi Sulut, BP Paud Dikmas Provinsi Sulut.

(billy lintjewas)

Komentar

Terkait